DINAS KOMINFO OKU SELATAN IKUTI RAKOR TEKNIS KOMUNIKASI PUBLIK PEMERINTAH DAERAH

MUARADUA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Komunikasi Publik Pemerintah Daerah (Pemda) secara virtual dari Ruang Vidcon Dinas Kominfo OKU Selatan, Senin (30/10/2023) siang.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen) IKP Kementerian Kominfo, Usman Kansong mengungkapkan, saat ini terjadi perubahan pola komunikasi dalam pemerintahan. Khususnya di era orde baru dan era reformasi.

Dikatakannya, pada masa orde baru pola komunikasi terjadi sentralisasi di mana dulu ada yang namanya Departemen Penerangan. Tapi setelah reformasi hal itu berubah dan terjadi disentralisasi informasi.

Di mana kini informasi ini ada di seluruh kementerian dan lembaga hingga pemerintah daerah. Tentu, menurutnya hal ini terdapat sisi positif dan negatif.

Salah satu sisi positifnya yaitu menunjukkan pola kebebasan berpendapat ataupun bersuara. Tapi di sisi negatif ini dapat menyebabkan terjadinya kekacauan informasi, di mana informasi yang disampaikan oleh suatu lembaga ini dapat berbeda.

Untuk itu, mengatasi hal ini ada yang namanya narasi tunggal sehingga terjadi persamaan persepsi dalam penyampaian informasi.

Saat ini, lanjutnya hal lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menjalin koordinasi yang ba antara pusat dan daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo OKU Selatan, Zakiah, SE., MM., didampingi jajarannya usai rapat mengungkapkan, di Kabupaten OKU Selatan sendiri Dinas Kominfo memiliki peran penting dalam penyebaran informasi baik itu melalui website ataupun media sosial milik pemerintah daerah maupun penyebar luasan informasi melalui media massa.

Diterangkannya bahwa Dinas Kominfo juga mendorong agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab OKU Selatan untuk turut menyebarluaskan informasi mengenai program-program ataupun kegiatan melalui media sosial ataupun website OPD yang terintegrasi dengan web Pemkab OKU Selatan.

“Dengan begitu diharapkan informasi mengenai program-program ataupun capaian Pemkab OKU Selatan dapat diketahui oleh masyarakat. Termasuk pola-pola pelayanan yang ada di OPD maupun instansi seperti puskesmas dan lainnya ini informasinya sampai kepada masyarakat yang diharapkan dapat kian memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan,” ujarnya.

Sumber;  Diskominfo Oku Selatan