DISKOMINFO OKU SELATAN GELAR SOSIALISASI PEMBENTUKAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT KABUPATEN OKU SELATAN

Muaradua (07/05) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Selatan menggelar Sosialisasi Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang diikuti oleh para perwakilan KIM di 19 Kecamatan Se-Kabupaten OKU Selatan dan Anggota KIM dari beberapa OPD serta Organisasi Pemuda, selasa pagi (07/05).

Bertempat di Aula Dinas Kominfo OKU Selatan, sosialisasi ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hermansyah Said, S
Ip. Dalam kesempatan ini juga Asisten II secara simbolis memberikan Kartu Identitas KIM Kabupaten OKU Selatan kepada Ketua dan Sekretaris KIM Kecamatan.

Kepala Dinas Kominfo OKU Selatan Firman Bastari, S.STP.,M.Si. dalam laporannya menyampaikan, bahwasannya Sosialisasi Pembentukan KIM Kabupaten OKU Selatan ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, yang merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukaan akuntabilitas Pemerintah Daerah. Dan diharapkan dapat memantapkan Pelayanan Informasi Publik kepada masyarakat hingga ke plosok wilayah di Kabupaten OKU Selatan.

Tidak hanya itu KIM sendiri mempunyai beberapa fungsi yakni :
– Sebagai wahana informasi antar anggota KIM, dari KIM kepada pemerintah dan dari pemerintah kepada masyarakat.
– Sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik.
– Sarana peningkatan literasi anggota KIM dan masyarakat di bidang informasi dan media massa, dan Sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi.

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan yang dibacakan Asisten II menyampaikan, bahwa jangan sampai ada masyarakat Kabupaten OKU Selatan yang menjadi korban dan berita-berita bohong atau hoax, apalagi yang berkaitan dengan paradigma kebijakan pemerintah, karena kesalahan informasi bisa saja menimbulkan kerawanan dan perpecahan di tengah masyarakat.

Untuk itulah KIM harus dijalankan dengan maksud mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka akan informasi, serta menciptakan jaringan informasi media komunikasi dua arah dengan menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya, agar bisa saling memberdayakan salah satunya dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarkan informasi.

Ditambahkan Asisten II, KIM ini merupakan lembaga yang akan memberdayakan masyarakat, tidak hanya sebagai penyampai informasi dan penerima informasi antara pemerintah dan masyarakat, tapi KIM ini juga sebagai lembaga yang akan memberdayakan masyarakat dari berbagai aspek yang meliputi Pariwisata, Budaya, Sosial, dan Ekonomi.

Dalam kesempatan ini juga hadir sebagai Narasumber Hardianto,S.Pd. yang merupakan perwakilan KIM OKU. Dan Ketua Umum KIM OKU Selatan Rohman,S.Pd.,M.Pdi. yang menjelaskan beberapa aktivitas KIM yang akan segera dilaksanakan, dan keterkaitan serta manfaat dengan adanya KIM ditiap Kecamatan hingga desa, agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.