Sub Bagian Kepegawaian, Umum, Perlengkapan dan Perencanaan mempunyai tugas merencanakan, mengevaluasi dan melaporkan program kegiatan yang dilaksanakan serta melaksakan pengelolaan, urusan surat–menyurat, urusan kepegawaian dan perlengkapan di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatik. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana tersebut diatas, Sub Bagian Kepegawaian, Umum, Perlengkapan dan Perencanaan mempunyai fungsi:

  1. Membuat rencana, program dan evaluasi serta pengembangan kegiatan pemerintahan dan pembangunan bidang Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik;
  2. Menyiapkan dan mengkoordinasikan penyusunan program kerja tahunan pemerintahan dan pembangunan bidang Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik;
  3. Menyusun dan mengkoordinasikan rencana pembangunan bidang Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik jangka menengah dan panjang;
  4. Membuat dokumen-dokumen bidang Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik berupa rencana strategis , rencana umum, rencana kerja, rencana-rencana kegiatan, dan anggaran dinas serta dokumen lainnya
  5. Menyusun program laporan Dinas baik laporan penyelenggaraan pemerintahan maupun pembangunan berupa laporan bulan, laporan triwulan, laporan tahunan, laporan Akuntabilitas litas Kinerja Pemerintahan dan laporan Dinas lainnya;
  6. Melakukan analisa dan evaluasi kinerja operasional bidang Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik;
  7. Membagi tugas memberi petunjuk kepada staff agar melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  8. Menilai prestasi kerja staf berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan peningkatan karier;
  9. Mengkoordinasikan perumusan kebijakan umum dan teknis dinas;
  10. Menyusun penetapan kinerja dinas;
  11. Menyusun laporan kemajuan pelaksanaan program dan kegiatan dinas;
  12. Mengendalikan dan melaksanakan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional di bidang sekretariat;
  13. Melaksanakan pengelolaan rumah tangga, perlengkapan, perpustakaan kearsipan, kehumasan, administrasi kepegawaian, kelembagaan dan ketatalaksanaan serta pendokumentasian peraturan perundang-undangan;
  14. Melaksanakan proses penerimaan, pengelolaan, distribusi, penggandaan, pengiriman dan pengarsipan surat-surat masuk maupun keluar;
  15. Mengurus rumah tangga Dinas yang meliputi keamanan, kebersihan, pemeliharaan, perlengkapan/peralatan kantor;
  16. Melaksanakan sirkulasi perlengkapan yang meliputi perencanaan, pengadaan, penyimpanan, distribusi, pemeliharaan dan penghapusan barang;
  17. Menginventarisasi barang inventaris baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak;
  18. Melaksanakan kegiatan kehumasan, bantuan hukum dan keprotokolan;
  19. Melaksanakan penyiapan rencana kebutuhan pegawai, formasi dan penunjukan dalam jabatan dilingkungan Dinas;
  20. Melaksanakan penyiapan dan pengusulan pegawai yang akan pensiun, peninjauan masa kerja serta pemberian penghargaan;
  21. Melaksanakan penyiapan bahan kenaikan pangkat, SKP, DUK, sumpah/janji pegawai, gaji berkala dan peningkatan kesejahteraan pegawai;
  22. Melaksanakan penyiapan bahan mutasi dan pemberhentian pegawai;
  23. Melaksanakan penyiapan pegawai untuk mengikuti pendidikan/pelatihan kepemimpinan teknis dan fungsional;
  24. Melaksanakan penyiapan rencana pegawai yang akan mengikuti ujian dinas dan izin/tugas belajar;
  25. Melaksanakan penyiapan bahan pembinaan kepegawaian dan disiplin pegawai;
  26. Melaksanakan penyiapan bahan standar kompetensi pegawai, tenaga teknis dan fungsional;
  27. Menyiapkan dan merencanakan kebutuhan pegawai;
  28. Menyelenggarakan segala pelayanan administratif dan fungsional;
  29. Menyiapkan bahan usulan cuti, ujian dinas, pengurusan Kartu Pegawai (KARPEG), Kartu Istri (KARIS), Kartu Suami (KARSU), DP3, LP2P, KP4, TASPEN dan ASKES serta penyiapan bahan usulan tanda penghargaan/tanda jasa;
  30. Menyiapkan pelaksanaan pelantikan, sumpah jabatan, sumpah PNS dan serah terima;
  31. Mengurus perjalanan dinas;
  32. Mengurus dan menyusun rencana kebutuhan prasarana dan sarana dinas; dan
  33. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.