PELATIHAN PENGGUNAAN SISTEM APLIKASI PERKANTORAN MAYA ATAU SIMAYA DI INTERNAL DINAS KOMINFO OKU SELATAN

Muaradua (28/05) Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses serta mekanisme kerja atau prosedur dalam sistem manajemen pemerintahan di Kabupaten OKU Selatan, maka perlu dilaksanakan dan dikembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (e-Government) yang tepat dan menyeluruh. Salah satu upaya ke arah tersebut maka Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Selatan, tadi pagi (senin/28/05) telah menggelar Pelatihan Penggunaan Sistem Aplikasi Perkantoran Maya atau SiMAYA. SiMaya juga merupakan proses kegiatan surat menyurat yang dilakukan secara elektronik dengan jaringan internet. Untuk Kabupaten OKU Selatan melalui alamat http://simaya.okuselatankab.go.id.

Aplikasi ini sendiri digagas oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan dikembangkan menggunakan sistem administrasi perkantoran secara elektronik yang terintegrasi.

Bertempat di Aula Dinas Kominfo OKU Selatan, Kepala Dinas Kominfo OKU Selatan Firman Bastari, S.STP., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui aplikasi ini nantinya diharapkan dapat menerapkan proses Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) di Lingkungan Dinas Kominfo OKU Selatan. Dengan harapan setelah menggunakan Aplikasi SiMaya ini Proses TNDE dapat diselesaikan lebih cepat serta dapat di akses dimana saja.

Untuk tahap awal penggunaan Aplikasi SiMaya ini akan digunakan lingkungan internal di Dinas Kominfo OKU Selatan, dengan harapan untuk kedepannya Aplikasi SiMaya dapat digunakan di seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.

Adapun manfaat SiMaya yaitu antara lain mempercepat proses pengambilan keputusan maupun pemberian pelayanan publik tanpa harus berada di kantor karena SiMaya dapat diakses dimana saja walaupun pimpinan tidak ada di tempat dan pimpinan tetap dapat memberikan disposisi kepada pejabat yang ditunjuk.  Untuk disposisi pada aplikasi SiMaya ini dapat langsung di tujukan ke akun pejabat yang bersangkutan, dan semua pejabat diberikan akun SiMaya.

Manfaat SiMaya yang kedua yaitu untuk meningkatkan efektifitas kerja, terutama menyangkut pendistribusian serta menghindari tercecer atau hilangnya surat. Dimana dengan pemanfaatan sistem ini, pengiriman dan pengecekan sudah sampai sejauh mana proses surat tersebut dapat dilakukan setiap saat tanpa harus mendatangi langsung instansi yang menjadi tujuan pengiriman surat. Sehingga dapat mengefisiensi waktu, tenaga, dan biaya.

Hal penting lainnya dari penerapan sistem ini adalah bisa ramah lingkungan dan mencapai apa yang disebut dengan Go Green Office, karena bisa mengurangi pemanfaatan kertas serta mengurangi tumpukan-tumpukan arsip yang sudah tidak dimanfaatkan.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.