PELATIHAN SISTEM PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK (SPSE) v. 4.2

Muaradua (13/02) Kegiatan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE)  v. 4.2 merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 01 Tahun 2015 tentang Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP)  dimana terdapat Instruksi Presiden, yaitu point (kedua)  :

  1. Dalam menyelesaikan proses pengadaan barang/jasa Pemerintah paling lambat akhir bulan Maret Tahun Anggaran Berjalan
  2. Dalam melaksanakan seluruh pengadaan barang/jasa Pemerintah melalui Sistem Pengadaan Secara Elektronik (E-Procurement),

Serta Instruksi Presiden Nomor 01 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dimana terdapat Instruksi Presiden Ke- 2 (dua)  Nomor 07 Point (B) yaitu “memanfaatkan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP),  Sistem Pembelian Secara Elektronik (E-Purchasing), lelang cepat melalui sistem informasi kinerja penyedia dan/atau sistem pengadaan barang/jasa yang berlaku”.

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)  telah mengembangkan Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE)  v.4.2 dimana Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE)  Kabupaten OKU Selatan telah melakukan upgrade SPSE v. 4.2, berkaitan dengan hal tersebut Pemerintan Kabupaten OKU Selatan pagi tadi (selasa/13/02) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten OKU Selatan menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE)  v. 4.2 Tahun 2018 di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Selatan. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para pengguna/user SPSE di Kabupaten OKU Selatan dapat memahami dan menggunakan aplikasi SPSE versi 4.2 pada proses Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Secara Elektronik,  Sistem Purchasing dan E-lelang cepat di Tahun 2018 ini.

Dalam laporan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Selatan Firman Bastari,  S. STP., M. Si. selaku Ketua Pelaksana sosialisasi ini, menyampaikan bahwa tujuan dari diselenggarakannya Sosialisasi ini adalah untuk pembinaan dan pengembangan sistem informasi serta pengawasan penyelenggaraan pengadaan barang/jasa Pemerintah secara elektronik yang transparansi,  akuntabilitas, akses informasi yang real time,  dan efisiensi dalam proses pengadaan.

Untuk peserta dari sosialisasi ini adalah para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK),  Panitia Kelompok Kerja (Pokja)  Unit Lelang Pengadaan dan Pejabat Pengadaan (PP)  di Lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan yang secara langsung dinarasumberi oleh Pejabat Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Pada sosialisasi ini hadir juga Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan H. Hermansyah Said,  SIP., mewakili Bupati OKU Selatan untuk membuka secara langsung sosialisasi ini.  Dalam sambutan Bupati OKU Selatan yang dalam kesempatan ini disampaikan oleh Asisten II, menyampaikan bahwa dalam Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah melalui Sistem Pengadaan Secara Elektronik,  terdapat perbedaan antara SPSE Versi 3 dan SPSE Versi 4 dimana SPSE Versi 4 ini lebih mengedepankan keterbukaan (transparansi)  OPD dalam pengadaan barang/jasa,  hal inilah nantinya yang akan disampaikan oleh Lembaga Kebijakan Barang/jasa Pemerintah (LKPP). Dalam sambutannya Bupati juga berharap semoga kegiatan Sosialisasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE)  v. 4.2 ini akan berjalan dengan baik dan lancar,  serta kepada para pengguna (user)  SPSE agar mengikuti sosialisasi ini dengan baik dan sungguh-sungguh,  hingga menjadi ilmu yang bermanfaat demi kemajuan Kabupaten OKU Selatan.

Sumber : Diskominfo OKUS.