POBAMA HADIR UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA PUTRA PUTRI OKU SELATAN

Muaradua (18/12) Membaca adalah salah satu keterampilan dalam Berbahasa Indonesia, dan Berbahasa Indonesia termasuk dalam Ikrar Sumpah Pemuda yang berbunyi “Berbahasa Satu Bahasa Indonesia”, hal tersebut berkaitan satu sama lain. Sama hal nya dengan kegiatan yang digerakkan oleh Pemuda Pemudi di Kabupaten OKU Selatan. Dengan menciptakan Pojok Membaca Muaradua, yang secara tidak langsung merealisasikan salah satu Ikrar Sumpah Pemuda.

Demi memajukan Kabupaten OKU Selatan, para pemuda dan pemudi daerah yang peduli dan kreatif menciptakan POBAMA (Pojok Membaca Muaradua).

POBAMA terbentuk dari obrolan Joe Willander (Ojeng) & Adrian Chandra (Adrian) dan keinginan ikut serta dalam membangun OKU Selatan.

Pobama sendiri buka di Taman Kota Muaradua karena keterbatasan Anggota Pobama, sementara ini Pobama hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu Pukul 16.00 Wib s/d 17.30 Wib. Rencananya untuk kedepan Pobama akan  membuka taman baca gratis di seluruh penjuru Muaradua yakni di Kecamatan dan Desa-Desa.

Kegiatan yang sangat positif dan sarat akan ilmu ini masih keterbatasan anggota. Terlihat dengan anggota Pobama yang baru ada satu di Muaradua yaitu Joe Wilander, dan sementara dibantu oleh Silvia Anggraini.

Dari hasil tinjauan Dinas Komunikasi dan Informatika yang sangat mendukung kegiatan yang sangat positif ini, bahwa Tujuan dari pobama adalah untuk menumbuhkan minat baca para putra putri OKU Selatan, karena melihat sekarang banyaknya orang tua yang lebih memilih untuk membelikan gawai ke anak-anak. Pemberian gawai yang tidak dibarengi pengawasan,  memungkinan akan terjadi penyalahgunaan karena adanya konten berupa gambar atau video yang tidak layak untuk anak usia dini.

Para anggota Pobama juga berharap untuk bisa menjangkau putra putri di Kabupaten OKU Selatan yang keterbatasan materi untuk membeli buku dan belajar.

Pobama juga berharap  kepada Pemerintah Kabupaten OKU Selatan untuk dapat mendukung kegiatan ini dan dapat mempertemukan para Anggota Pobama dengan Para Pejabat Pemerintah seperti Camat, Kades, Kadus, Kaling, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama yang ada di Muaradua supaya Anggota Pobama dapat menyampaikan keinginan atau usulan tentang Pobama.

Sementara ini buku-buku pobama dikumpulkan dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Bandung (TIM PKM POLBAN) yaitu kenalan dari saudara adrian dan juga dari uang pribadi untuk membeli buku-buku, salah satunya seperti buku bekas yang masih dapat dijangkau dengan uang pribadi dari Anggota Pobama sendiri. Untuk diketahui Pobama juga menerima sumbangan buku-buku bekas, alas untuk membaca, meja belajar lipat dan lain-lain yang dapat berguna untuk Pobama.

Sementar ini Pobama mempunyai dua orang Anggota yaitu Jouzer Gouvermen Willander (ojeng) di Muaradua &  Adrian Chandra Faradhipta (Adrian) di Bandung.

Pobama juga menyediakan buku-buku untuk para orang tua seperti buku panduan memasak, cara berternak, bertani dan lain-lain, agar para orang tua tidak jenuh menunggu saat menemani buah hati yang sedang membaca di Pobama.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.