PELATIHAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) UTAMA DAN PEMBANTU DI KABUPATEN OKU SELATAN

Muaradua (28/11) PPID adalah sebutan yang digunakan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). PPID adalah singkatan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi. Secara sederhana PPID adalah orang yang ditugaskan menduduki jabatan tertentu yang tugasnya mengelola informasi dan dokumentasi di suatu badan publik. Jadi, setiap badan publik idealnya memiliki PPID.

Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara tegas memberikan kewajiban kepada badan publik untuk membuka informasi yang berkaitan dengan institusinya, kebijakan yang dihasilkan, serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan termasuk kondisi keuangan dan penggunaan anggaran. Dengan kata lain, publik memiliki hak atas informasi dari badan publik.

Undang-Undang KIP ditujukan untuk meningkatkan kemampuan badan publik dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat, sekaligus guna mencerdaskan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Selatan hari ini  (selasa/28/27) menyelenggarakan pelatihan PPID Utama dan Pembantu. Bertempat di Aula Pemerintah Kabupaten OKU Selatan acara ini telah sukses digelar. Hadir langsung dalam kesempatan ini Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan M. Rahmatullah, S.STP., M.M., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Firman bastari, S. STP., M. Si., Para Camat Se-Kabupaten OKU Selatan dan peserta PPID Utama dan Pembantu Se-Kabupaten OKU Selatan.

Dalam kesempatan ini pula turut hadir narasumber pelatihan yang berasal dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan Amrullah, S. STP., M. Si., dan Rosa Linda, S.H.,M.H.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ini yakni, mendorong terwujudnya implementasi Undang-Undang KIP (Komisi Informasi Publik) secara efektif, memberikan standar bagi PPID Utama dan Pembantu dalam melaksanakan informasi publik, meningkatkan pelayanan informasi di Lingkungan Organisasi sehingga tercapai layanan informasi publik yang berkualitas, selanjutnya agar pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) Utama dan Pembantu dapat menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi, PPID menetapkan standar layanan informasi di Lingkungan PPID Kabupaten OKU Selatan.

Semoga dengan telah berlangsungnya kegiatan pelatihan PPID Utama dan Pembantu OPD se-Kabupaten OKU Selatan diharapkan dapat memantapkan pelayanan informasi publik kepada masyarakat di Kabupaten OKU Selatan.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.